Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Resep Membuat Puding Karamel

Resep Membuat Puding Karamel | Jika anda ingin resep membuat puding karamel yang tidak lengket di cetakan sebenarnya sangat mudah. Sebelum adonan dituang ke cetakan, terlebih dahulu basahi cetakannya dengan air. Cara yang lain bisa juga dengan merendam bagian bawah wadah berisi puding karamel dalam air yang mendidih. Jika sudah terasa hangat, kikis pinggiran puding karamel dengan pisau. Puding karamel akan luruh sendiri dengan mulus keluar dari cetakan tanpa meninggalkan bekas yang menempel.

 Resep Membuat Puding Karamel

Ketika memasak sebenarnya anda mungkin sering mengeluh tentang karamel yang tidak menempel sempurna pada puding, alasan utamanya adalah teknik pembuatan karamel serta perbandingan air dan gula pasir bisa tidak tepat. Aturlah komposisi air dan gula dengan ukuran takaran seimbang ( seperti misal 50 ml air untuk 50 gram gula pasir.

Resep puding karamel sangat mudah, berikut bahan yang perlu anda siapkan : susu cair 500 ml. 1 sendok teh gelatin bubuk larutkan kedalam 150 ml air. 125 gram gula pasir. 2 kuning telur. 1 sendok teh agar – agar bubuk warna putih. 1 sendok makan ekstrak vanili. Untuk membuat karamel siapkan 75 gram gula pasir dan 75 ml air matang.

cara pembuatannya yang pertama adalah menyiapkan wadah yang tahan terhadap panas/ramekin dengan volume 200 ml. bilas dan sisihkan. Untuk karamel, panaskan air, masukkan gula pasir, dan aduk - aduk di atas api kecil sekali hingga menjadi karamel atau cara basah. Angkat lalu tuang segera ke tiap wadah dan sisihkan. Rebus susu bersama gula di atas api kecil hingga larut. Masukkan larutan gelatin dan agar – agar, aduk cepat hingga mengental. Kecilkan api dan sisihkan. Masukkan sedikit 1 sendok sayur adonan susu ke dalam kuning telur, aduk cepat hingga rata. Masukkan kembali ke dalam adonan susu, aduk rata lalu angkat. 

Tuangkan adonan ke tiap cetakan yang sudah disiapkan, biarkan hingga uap hilang. Simpan di dalam lemari es hingga padat. Makin lama disimpan, karamel akan makin melekat dan menyatu dengan indah pada permukaan puding.
Itulah resep membuat puding karamel yang nikmat, patut anda coba dirumah.

Resep Membuat Puding Karamel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown