Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Resep Membuat Lasagna Bayam

Lasagna memang bukan makanan yang berasal dari Indonesia. Namun, jenis makanan ini tampaknya mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang unik dan lembut seperti keju membuatnya popular dan difavoritkan. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk memasukkan bayam ke dalam lasagna lezat favorit Anda? Hmm, penasaran? Inilah resep membuat lasagna bayam.

Untuk resep membuat lasagna bayam, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: 20 bungkus pasta lasagna, 1 sdm margarin, 2 sdm minyak zaitun, 1 mangkuk jamur segar yang telah dipotong-potong, 1 mangkuk bawang merah yang telah diiris, 1 sdm bawang putih cincang, 2 mangkuk bayam segar, 3 mangkuk keju Ricotta, 2/3 mangkuk keju Romano parut, 1 sdt garam, 1 sdt oregano kering, 1 sdt daun basil kering, ½ sdt lada hitam giling, 1 butir telur, 3 mangkuk keju Mozarella parut, 3 mangkuk saos tomat pasta, 1 mangkuk keju Parmesan parut, dan air secukupnya.

Resep Lasagna Bayam

Yang harus dilakukan pertama kali adalah memanaskan oven terlebih dahulu sampai suhu 175° celcius. Kemudian, tinggal sejenak dan rebus pasta. Merebus pasta yang benar adalah dengan mendidihkan air yang telah ditambahkan sedikit garam. Masak lasagna selama 8 sampai 10 menit. Bilas dengan air dingin lalu tiriskan. Setelah itu, bagilah lasagna menjadi 3 bagian.

Sedangkan, untuk membuat tumisan jamur, panaskan minyak zaitun dalam wajan, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu. Tambahkan jamur dan masaklah sampai jamur lunak. Setelah itu, tiriskan dan biarkan sampai dingin.

Selajutnya, rebus bayam dalam air mendidih secukupnya selama 5 menit. Tiriskan dan diamkan sampai dingin lalu potong kecil-kecil.

Cara membuat campuran keju dan bayam adalah dengan mencampur keju Romano, keju Ricotta, bayam, oregano, 1 sdt garam, lada, basil, dan telur dalam satu mangkuk. Tambahkan tumisan jamur dan aduk dalam mixer berkecepatan rendah selama 1 menit. Lalu bagi adonan menjadi 3 bagian.

Siapkan loyang berukuran 9x13 inchi, olesi dengan margarin. Masukkan 1/3 bagian lasagna, ratakan hingga menutupi dasar loyang. Diatasnya, tambahkan 1/3 campuran keju dan bayam dan ratakan. Taburkan 1 mangkuk keju mozarela dan 1/3 mangkuk keju Parmesan. Lalu, tuangkan 1 mangkuk saos tomat pasta dan ratakan.

Silahkan ulangi untuk lapisan kedua dan ketiga dengan susunan dan takaran yang sama. Dan yang terakhir, tutup loyang dengan alumunium foil dan panggang dalam oven selama 1 jam. Dinginkan dahulu selama 15 menit sebelum dihidangkan.

Demikian resep membuat lasagna bayam. Sekarang, Anda memiliki resep baru yang menghasilkan makanan unik nan lezat yang tak tergantikan. Tunggu apa lagi? Cobalah dan buat keluarga Anda makin ketagihan dengan masakan Anda.

Baca juga: Resep Membuat Pasta Cheeseburger

Resep Membuat Lasagna Bayam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown