Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Cara Membuat Es Permata Bengkoang

Cara Membuat Es Permata Bengkoang | Negara  Thailand merupakan Negara agraris dengan pusat perekonomian dan budaya yang cukup berkembang di kawasan Asia. Beberapa tempat wisata juga menjadi andalan di negeri yang memiliki system pemerintahan monarki konstitusional ini. Banyak para wisatawan asing yang datang untuk berlibur dan mengenal budaya Thailand. Bukan hanya sebagai tempat wisata, Negara dengan mayoritas penduduk beragama Budha ini juga mempunyai kuliner yang beragam. Tidak hanya kuliner makanan yang bisa kita jumpai di Thailand. Negara dengan iklim tropis ini juga memiliki kuliner minuman yang khas dan menjadi andalan di negaranya. Minuman yang terkenal di Thailand adalah Es Permata Bengkoang. Minuman ini merupakan minuman berbahan dasar buah Bengkoang khas Thailand yang menjadi minuman favorit bagi para wisatawan. 
Cara Membuat Es Permata Bengkoang


Bagi anda yang belum pernah ke Negara Thailand pasti sangat penasaran dengan minuman khas Negara tersebut. Namun anda tak perlu khawatir karena anda dapat mencoba membuat minuman Es Permata Bengkoang di rumah anda. Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini kami akan menjelaskan cara membuat Es Permata Bengkoang untuk anda. Pertama kita harus menyiapkan beberapa bahan diantaranya buang Bengkoang yang sudah di kupas dan di potong dadu, 300 gram tepung kanji, ¼ sendok teh pewarna kuning, ½ sendok teh pewarna merah cabai, 1/8 sendok teh pewarna hijau tua, 4 lembar daun pandan, 4.500 mili air untuk direbus, 450 mili air, 450 gram gula pasir, ½ teh garam, 750 mili santan, 1 ½ butir kelapa.

Langkah pertama untuk membuat Es Permata Bengkoang adalah pilah buah Bengkoang menjadi 3 bagian dan diberi 3 pewarna yang berbeda. Kemudian masukan 3 Bengkoang tersebut pada tepung kanji yang sudah dipilah menjadi 3 bagian. Rebus air hingga mendidih dan masukan buah Bengkoang yang sudah dibalut dengan tepung kanji tersebut hingga mengapung. Setelah itu, angkat Bengkoang dan siramlah dengan air dingin pada saringan kemudian tiriskan. 

Kemudian buatlah sirup menggunakan campuran gula. Caranya rebus air hingga mendidih lalu masukan gula pasir dan 2 daun pandan. Tunggu hingga mengental kemudian dinginkan. Untuk membuat kuah Es Permata Bengkoang rebus air terlebih dahulu kemudian masukan santan, garam dan daun pandan hingga mendidih kemudian dinginkan juga. Setelah semua bahan dimasak, masukan Bengkoang ke dalam gelas tambahkan sirup gula dan santan. Agar lebih segar tambahkan serutan es batu. Es Permata Bengkoang khas Thailand siap disajikan dan disantap.

Cara membuat Es Permata Bengkoang khas Thailand cukup mudah dan dapat anda coba di rumah. Apabila anda tertarik silahkan menggunakan cara diatas untuk mempermudah anda dalam membuat minuman tersebut. 

Cara Membuat Es Permata Bengkoang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown