Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Cara Membuat Es Pisang Ijo

Cara Membuat Es Pisang Ijo | Pisang merupakan buah yang lezat, praktis dan mudah didapatkan. Tidak hanya itu saja, buah ini juga kaya manfaat dan banyak digemari oleh semua lapisan masyarakat dunia. Karena khasiat pisang sebagai makanan khusus untuk diet dan kandungan pisang yang dapat mengganti kadar cairan tubuh. Buah ini juga bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat dan bergizi. Salah satunya adalah pisang goreng dan juga pisang kipas. Minuman berbahan dasar pisang juga ada, salah satunya adalah es pisang ijo. Minuman es pisang ijo merupakan minuman buah khas Makasar yang sangat terkenal. Untuk membuat es pisang ijo tidaklah mudah dan membutuhkan banyak bahan. 

 Cara Membuat Es Pisang Ijo

Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut ini kami akan membahas cara membuat es pisang ijo untuk anda. 

Dalam membuat es pisang ijo, kita membutuhkan banyak bahan. Bahan yang pertama adalah bahan untuk isian es pisang ijo dan bahan yang kedua adalah bahan untuk pembuatan saus es pisang ijo. Langkah yang pertama adalah siapkan bahan untuk isian es terlebih dahulu yaitu 10 daun suji, 10 lembar daun pandan, 100 mili liter air putih, 350 gram tepung beras, 450 mili liter santan sedang, 50 gram gula pasir, ½  sendok teh garam, 5 buah pisang raja yang telah dikukus, sirup coco pandan dan es batu.

Untuk bahan sausnya yang kita butuhkan adalah 1 liter santan cair, 60 gram tepung beras, 100 gram gula pasir, ½ sendok teh garam dan 1 lembar daun panda yang sudah dipotong. Langkah berikutnya adalah membuat bahan saus terlebih dahulu. Caranya masak semua bahan saus terlebih dahulu kemudian aduk hingga rata sampai saus agak mengental. Setelah selesai angkat dan dinginkan saus tersebut. Langkah berikutnya adalah menumbuk daun suji dan daun pandan lalu beri sedikit air kemudian peraslah daun tersebut. Kemudian campurkan pada tepung beras, gula, garam dan juga santan dan masak pada api kecil. Aduklah hingga mengental.

Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, carilah daun pisang untuk dijadikan lapisan pada alumunium foil. Tidak lupa oleskan lapisan pisang tersebut dengan minyak agar tidak lengket. Letakkan beberapa adonan tepung yang sudah dipipihkan diatas daun pisang tadi, kemudian letakkan pisang yang sudah di kukus ke atas adonan dan digulung hingga pisang tertutup oleh lapisan adonan. Kemudian kukus kembali pisang tersebut hingga matang. Setelah masak, potong pisang tersebut menjadi beberapa bagian, letakkan pada gelas bersama saus yang sudah di masak tadi. Tambahkan sirup cocopandan dan es batu yang telah diserut. Es pisang ijo siap untuk dinikmati.

Membuat minuman khas Makasar ini memang membutuhkan kesabaran dikarenakan pembuatannya yang cukup rumit. Namun bukan berarti anda tidak bisa mencobanya di rumah anda. Demikian cara membuat es pisang ijo khas Makasar berikut. Semoga anda berhasil mencobanya dirumah.

Cara Membuat Es Pisang Ijo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown