Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Cara Membuat Es Timnas

Cara Membuat Es Timnas | Timnas, jika anda mendengar atau membaca nama tersebut pasti yang ada di pikiran anda adalah klub sepak bola. Namun, yang kita akan bahas saat ini bukanlah tim sepak bola Indonesia. Melainkan kuliner minuman asal Indonesia yaitu es timnas. Apakah es timnas itu? Es timnas merupakan minuman asal daerah Tulungagung Jawa Timur. Nama yang unik dan minuman yang lezat ini menjadi minuman yang popular di kota Tulungagung. Jika anda berkunjung ke Tulungagung anda bisa mencoba minuman ini sebagai penghilang rasa dahaga anda. Namun jangan khawatir, jika anda tidak sempat berkunjung ke Tulungagung anda bisa mencoba membuat es timnas ini di rumah anda. 
 Cara Membuat Es Timnas

Berikut ini kami akan membahas cara membuat es timnas yang bisa anda praktikan di rumah.
• Langkah pertama adalah mempersiapkan beberapa bahan berikut yaitu 100 gram buah kelengkeng, 100 gram potongan alpukat, 100 gram kolang kaling putih, 100 gram leci, 250 mili air kelapa, 10 sendok makan susu kental manis.

• Bahan kedua adalah kita harus menyiapkan bahan untuk pembuatan agar-agar. Bahannya adalah 400 mili air, ½ bungkus agar-agar bubuk, ¼ sendok teh jeli instan bubuk, 25 gram gula pasir dan tambahkan bahan pelengkap seperti es serut, es krim strawberry dan buah strawberry.

• Cara membuatnya adalah kita harus membuat agar-agar terlebih dahulu dengan cara merebus air dan masukan agar-agar bubuk dan jelly bubuk beserta gula pasir. Kemudian aduk-aduk terus hingga mendidih. Saat sudah mendidih tuangkan agar-agar ke dalam kotak loyang dan tunggu agar-agar hingga dingin. Setelah agar-agar dingin potonglah agar-agar dengan potongan berbentuk dadu atau kotak.

• Masukan kolang kaling, kelengkeng, alpukat, leci dan agar-agar pada gelas. Tambahkan air kelapa, susu kental manis, es batu yang telah diserut dan es krim rasa strawberry yang sudah dipersiapkan tadi. Kemudian letakan irisan buah strawberry sebagai penghias dan pemanis pada es timnas tersebut. Es timnas siap dihidangkan.

Dalam membuat es timnas, kita bisa mengganti atau menambah buah sesuai dengan selera. Dengan cara membuat es timnas diatas, kita tidak perlu pergi ke Tulungagung terlebih dahulu untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Cara Membuat Es Timnas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown