Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Cara Membuat Pallu Butung

Cara Membuat Pallu Butung | Makasar merupakan kota besar yang memiliki tempat wisata dan beragam kuliner yang khas. Tidak hanya kuliner dari segi makanan saja, kota ini juga memiliki kuliner minuman yang khas dan terkenal. Salah satu kuliner minuman di kota Makasar adalah es pallu butung. Minuman ini merupakan minuman khas yang berasal dari Sulawesi Selatan. Es pallu butung merupakan es dengan olahan pisang kapok yang dikukus dan dipotong-potong. Es tersebut juga ditambah dengan bubur yang terbuat dari tepung beras dan ditambahkan sirup sebagai pemanisnya. 

Cara Membuat Pallu Butung

Bagaimana cara membuat es pallu butung? Berikut ini kami akan memberikan tips cara membuat es pallu butung untuk anda. 
 Langkah pertama adalah siapkan beberapa bahan untuk membuat es pallu butung, Bahan yang paling utama dalam es pallu butung adalah buah pisang kepok. Jadi siapkanlah 12 buah pisang kepok, 75 gram tepung beras, 1.200 mili liter santan, 2 lembar daun pandan ikat, 1 sendok teh garam, 125 gram gula pasir, 600 gram sirup merah, 800 gram es serut.

 Setelah semua bahan yng dibutuhkan telah siap, langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengukus pisang kepok dengan api sedang selama 20 menit sampai pisang menjadi matang. Kemudian angkat dan tiriskan pisang tersebut. Diamkan terlebih dahulu sampai pisang agak dingin lalu kupas kulit pisang dan potong-potong menjadi beberapa bagian.

 Selanjutnya buatlah bubur dari olahan tepung beras yang dilarutkan dengan santan, daun pandan, gula pasir dan garam. Jangan lupa untuk selalu mengaduk bubur tersebut hingga meletup-letup. Jika sudah meletup angkat lalu biarkan bubur menjadi agak dingin.

 Masukan potongan pisang kepok yang telah direbus tadi ke dalam mangkuk dan tuangkan bubur dari tepung beras yang telah dingin. Jangan lupa untuk menambahkan sirup sebagai pemanis dan hidangkan es pallu butung dengan tambahan es batu yang telah diserut.

Demikian cara membuat es pallu butung yang khas dan nikmat. Resep diatas dapat anda coba dirumah sebagai pelengkap hidangan penutup anda. Untuk menikmati sajian ini khas Makasar ini kita tidak perlu jauh-jauh datang ke Makasar. Cukup dengan mempraktikan cara diatas, anda sudah mampu untuk membuatnya.

Cara Membuat Pallu Butung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown