Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Resep Mie Bumbu Santan

Resep Mie Bumbu Santan | Pernahkah anda memakan mie yang kuahnya terbuat dari santan? Jika anda sudah pernah atau bahkan baru mendengarnya, sekarang anda bisa mencoba untuk membuatnya dirumah. Mie Bumbu Santan ini lebih di kenal dengan nama mie gomak, jika anda menikmatinya pasti rasa yang pertama anda rasakan adalah gurih. Karena mie ini terbuat dari santan dan kelapa sangrai. Mie ini biasanya disajikan dengan kerupuk merah dan telur bebek. Namun sekarang anda bisa mencoba membuat Mie Bumbu Santan ini dirumah. 

Resep Mie Bumbu Santan

Bahan yang harus anda siapkan, 300 gr mie lidi yang suda direbus, 50 gr kelapa yang sudah diparut lalu disangrai dan dihaluskan, 200 ml santan yang berasal dari ½ butir kelapa, 1 ¼ sdt gula pasir, 1 ¼ sdt garam, minyak goreng untuk menumis secukupnya. Sementara bumbu yang harus anda haluskan adalah 1 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 1 buah cabai rawit merah, 5 buah cabai merah, 2 cm lengkuas, 1 batang serai, 1 cm kunyit, 1 sdt merica bubuk, 2 sdt andaliman. Sebagai pelengkap mienya anda bisa menyiapkan kerupuk merah goreng, bawang merah goreng dan telur bebek yang terlebih dahulu sudah direbus. Setelah semua bahan sudah siap, anda bisa mulai memasaknya dan mengikuti petunjuk berikut. 

Cara membuatnya sangat sederhana, pertama-tama panaskan minyak terlebih dahulu untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sampai baunya harum. Kemudian tuangkan santan dan kelapa yang sudah disangrai, aduk sampai semuanya tercampur rata, tambahkan gula pasir dan garam secukupnya, sesuaikan dengan selera anda. Masak sampai matang dan kuahnya agak mengental. Mie lidi yang sudah direbus, ditiriskan dan ditata didalam mangkuk, kemudian disiram dengan bumbu yang sudah matang diatasnya. Taburkan bawang goreng, telur bebek yang sudah direbus dan kerupuk yang diremah kasar diatasnya. Mie Bumbu Santan siap untuk anda nikmati dan coba buat dirumah. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Resep Mie Bumbu Santan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nanda Lilian