Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Resep Sayur Kalakan

Resep Sayur Kalakan | Indonesia merupakan salah satu dari negara maritim, atau dengan kata lain negara perairan. Maka tidak heran jika dimana-mana anda dapat menjumpai beraneka macam makanan hasil olahan laut, salah satunya yang terkenal adalah sayur kalakan. Seperti apa masakannya dan cara memasaknya? Simak terus artikel berjudul Resep Sayur Kalakan berikut!


Resep Sayur Kalakan
1. Bahan masakan : "Aktor utama" di dalam masakan ini adalah ikan pe asap, ataupun ikan lainnya pun bisa anda jadikan sebagai "aktor utama" sayur kalakan. Nah, kalau anda sudah memilih aktor utama anda, potong-potong daging ikan tersebut dan tusuk dengan tusuk sate, lalu dibakar. selanjutnya anda melengkapinya dengan beberapa bahan pendukung yaitu bawang putih sebanyak 2 siung, bawang merah 3 butir, daun salam sebanyak 2 lembar, lengkuas, sobekan daun jeruk sebanyak 5 lembar, cabai rawit merah 4 buah, cabai rawit hijau 4 buah, gula merah yang disisir, garam, 750 ml santan dari 1/2 butir kelapa, dan minyak untuk menumis sebanyak 2 sendok makan. Selain itu, anda juga membutuhkan bumbu ulek halus, yang terdiri dari cabai rawit merah 1 buah, cabai merah keriting 2 buah, bawang putih 3 siung, bawang merah 5 butir, kunyit sepanjang 3 cm yang dibakar, kencur sepanjang 2 cm dan kemiri 5 butir yang disangrai.

2. Cara memasak : Pertama-tama, panaskan minyak di atas wajan. Tumis secara bersamaan bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan bumbu ulek halus sampai menghasilkan bau yang harum. Setelah itu, masukkan cabai rawit merah, cabai rawit hijau. Aduk sampai rata. Lalu, masukkan gula merah, garam, santan dan aduk sampai merata. Kemudian, masukkan ikan yang telah dipotong, aduk sampai mendidih dan matang. Terakhir, lepaskan tusuk ikan, dan sayur kalakan pun siap disantap bersama dengan kuahnya yang kental dan lezat!

3. Tips : Resep diatas adalah untuk 4 porsi. Jika anda ingin memasak dalam jumlah porsi yang lebih besar, maka sesuaikan bahan makanan inti dengan bumbu masakannya agar cita rasanya menancap di lidah.

Demikianlah cara membuat sayur kalakan. Semoga dengan anda membaca artikel berjudul Resep Sayur Kalakan ini, anda mendapat pengetahuan baru tentang skill memasak anda.

Resep Sayur Kalakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown