Kumpulan Aneka Resep Istimewa

Resep Membuat Asem Bandeng Lamongan

Resep Membuat Asem Bandeng Lamongan | Masakan khas daerah Lamongan ini memang terkenal dengan cita rasanya yang khas dan lezat. Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, makanan dengan bahan dasar ikan bandeng ini juga mempunyai cita rasa yang nikmat dan banyak dicintai masyarakat khususnya daerah Lamongan. 

Nah, bagi anda yang tertarik mengkreasikan Resep Membuat Asem Bandeng Lamongan ini, karena kepincut pernah mencicipi masakan ini di warung pinggir jalan atau pernah merasakan masakan saudara yang berasal dari Lamongan, tidak ada salahnya jika anda mencoba resep berikut ini di rumah anda.

Resep asem bandeng Lamongan
1. Bahan masakan: 2 ekor bandeng yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong; 6 buah bawang merah yang telah dikupas dan diiris tipis; 2 siung bawang putih (diiris tipis); jahe, kunyit, dan lengkuas masing-masing 1 jari; cabe rawit secukupnya; 2 buah tomat matang; 1 batang sere; 2 lembar daun salam; lalu air, garam, dan penyedap rasa secukupnya.

2. Cara memasak: Pertama-tama, cincang semua bumbu dengan diiris tipis-tipis. Setelah itu, tumislah bumbu yang tercantum di atas hingga aromanya keluar. Lalu masukkan air dan tambahkan garam secukupnya. Kemudian, tunggu sampai mendidih dan masukkan potongan ikan bandeng. Setelah itu, masukkan juga tomat yang sudah dipotong-potong. Tunggu sampai ikan lunak dan matang dan masakan siap disajikan.

Ikan bandeng memang terkenal dengan kandungan protein yang tinggi. Guna memenuhi kebutuhan protein harian anda, ikan bandeng bisa menjadi alternatif bagi anda selain mengkonsumsi telur, daging ayam, dan tempe. Dengan menyajikan menu yang bervariasi, suami dan anak-anak anda dijamin akan ketagihan menikmati menu yang anda masak.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, ikan bandeng ternyata memiliki kandungan Omega-3 enam kali lebih tinggi dibandingkan dengan ikan Salmon. Di samping itu, konon kandungan lemak baik dalam ikan bandeng juga relatif tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi harian anda.

Demikian resep memasak asem bandeng khas Lamongan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan anda tentang cita rasa khas Nusantara khususnya masakan daerah Lamongan. Baca juga: Resep masakan Ikan Belut Krispi

Resep Membuat Asem Bandeng Lamongan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony F